Budidaya Ayam Jawa Super

Sabtu, 04 Juni 2016

Kualitas DOC yang baik

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan ternak adalah kualitas doc, kualitas doc yang baik dapat menjamin kemampuan hidup dan pertumbuhan yang baik, peternak hendaknya lebih selektif dalam memilih breeder yang berpengalaman dan terpercaya dalam hal supply doc, karena masih banyak breeder ayam kampung yang belum mempunyai standar kualitas doc, banyak faktor yang berpengaruh pada kualitas doc, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat berpengaruh pada kualitas doc :
1. Indukan
  • Umur Induk

Umur Induk yang baik untuk produksi doc adalah pada masa umur produktif, Induk yang terlalu                   muda akan menghasilkan doc yang kecil, sehingga pertumbuhan kurang baik sementara induk yang terlalu tua akan menghasilkan doc yang lemah dan mudah terserang penyakit.

  • Penyakit pada induk

Induk yang terjangkit penyakit tertentu pada masa produksi dapat mewariskan penyakit pada                       keturunannya, sehingga penyakit bawaan dari induk pada doc dapat timbul pada masa pemeliharaan.
2. Breeder

Banyak faktor jeleknya kualitas doc yang disebabkan oleh breeder, breeder yang tidak selektif dalam           seleksi telur, seleksi doc, biosecurity akan menghasilkan kualitas doc yang rendah. Breeder yang                   berpengalaman dan mengutamakan kualitas hendaknya menjadi prioritas peternak.
Seleksi ulang kualitas doc hendaknya dilakukan oleh peternak untuk meminimalkan kerugian hasil ternak nantinya, meminimalkan kematian dan memaksimalkan bobot yang dihasilkan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar